TUMBUH PERKEMBANGAN BAYI 1 BULAN

PERKEMBANGAN BAYI 1 BULAN: PERLU IBU KETAHUI

perkembangan bayi 1 bulan
TUMBUH PERKEMBANGAN BAYI 1 BULAN


Perkembangan bayi 1 bulan, bayi akan mulai belajar mengekspos kaki dan tangan’nya. Si bayi juga akan memulai menjawab perkataan orang-orang terdekatnya dengan ocehan dan gerakan matanya.


Supaya si bayi tumbuh dengan baik dan optimal, sang ibu sebaiknya memantau pertumbuhan dan perkembangan si bayi sesuai dengan tabel perkembangan milestone. Ajaklha si bayi kecil ke posyandu di setiap bulannya. Tujuan ke posyandu yaitu untuk memantau perkembangan si bayi mulai dari berat badan, lingkar kepala, panjang badan, dan yang berkaitan semua dengan si bayi tersebut.

Jangan panik si bayi memuntahkan ASI

Jika dalam perkembangan 1 bulan anda menemui bayi memuntahkan ASI ini sering di jumpai pada bayi di umur 0-1 bulan. Kejadian seperti ini sudah biasa terjadi, dan para orang tua tidak perlu takut dan khawatir dengan kondisi ini. Sang bayi biasanya jika terjadi kondisi seperti ini karena terlalu banyak meminum ASI ata juga di karenakan posisi yang salah dalam menyusui si bayi.

Pakaian bayi di 1 bulan pertama

Di umur bayi yang baru lahir terbiasanya di Indonesia masih mengunkana popok dan si bayi di balut oleh bedong. Dan baiknya untuk si bayi di perkembangan 1 bulan nya menggunkan kemeja. Kenapa kemeja, bukan kaos saja? Karena dalam perkembangan 1 bulan, kemeja lebih baik dan tidak merepotkan untuk si bayi dan tidak beresiko untuk si bayi tersebut, jika menggunkan kaos, banyak resiko untuk si kecil dan terlalu bahaya untuknya.

Dan juga ada beberapa pendapat tentang si bayi itu tidak perlu menggunakan bedong.  Secara ilmu kesehatan lebih menyarankan tanpa bedong, sedangkan secara tradisi di Indonesia di umur 1 bulan bayi wajib menggunakan bedong.

Jika menurut penulis, saya akan menggunakan bedong tapi tidak terlalu lama. Jadi kesimpulan untuk pakaian bayi di umur 1 bulan hanyalah popok, baju kemeja, dan bedong. Ketiga pakaian yang disebutkan di atas sebaiknya di sediakan lebih banyak dan dibeli seblum bayi lahir supaya agar tidak panik dalam 1 bulan pertama.

Mengocehnya bayi di fase perkembangan bayi 1 bulan

Mulai lha mengajak ngobrol si bayi sedini mungkin. Jangan ragu bercerita dengan si bayimu yang masih menuju umur 1 bulan. Si bayi akan membalas obrolan mu dengan ocehan-ocehan dan senyuman. Di karenakan mengajak bicara si bayi yang masih umur 1 bulan itu baik dan tak ada salahnya ini dicoba.

Mulai diangkat kepalanya si bayi

Sang orang tua bisa juga melatih bagian kepala yaitu dengan cara menindurkan si bayi dengan posisi tengkurap. Di saat itu si bayi dengan sendirinya akan otomatis merespon secara otomatis mengerakan kepalanya yang menoleh ke kanan ke kiri.

Tangan dan kaki si bayi

Ketika si bayi lahir ke dunia ini, si bayi belum menyadari dengan keberadaan tangan dan kakinya. Di perkembangan bayi 1 bulan,  si bayi akan secara otomatis mengeksplorasi bagian tubuhnya. Secara dengan sendirinya si bayi akan mengenali tangan dan kakinya di umur 1 bulan.

Sebagai orang tua bisa mencoba cara mengangkat tangan si bayi dan kenakan tangan si bayi ke bagian kepala atau muka si bayi. Agar si bayi lebih cepat menyadari bahwa ia memliki sebuah tangan dan cepat mengeksplorasi secara sendirinya.

Dan orang tua juga harus pastikan bahwa kaki dan tangan si bayi dalam kondisi tetap hanyat. Dikarenakan di usia 1 bulan ini sang bayi dengan mudah kehilangan rasa panas tubuhnya terutama di bagian tangan dan kaki si bayi.

Tidurnya si bayi lebih malam dan lebih lama

Tidurnya si bayi akan lebih malam dan lebih lama. Biasanya terjadi di umur 3 minggu sampai 7 bulan. Akan tetapi ini bisa berbeda dengan 1 bayi dengan bayi lain. Akan tetapi ini pasti Cuma hanya beda di waktu nya saja. Jadi orang tua harus lebih sigap dengan perkembangan si bayi selama 1 bulan ini.

Mainan bayi di 1 bulan pertama

Mainan salah satu hal terpenting untuk perkembangan bayi 1 bulan pertama dan bulan seturusnya. Akan tetapi untuk bayi umur 1 bulan mainan belum begitu penting. Bagi kita sebagai orang tua haru sadar dengan kemampuan si bayi di 1 bulan pertamanya. Dan secara kebanyakan kemampuan bayi di 1 bulan pertama masih sangat terbatas.

Jika lau orang tua ingin membelikan maianan, kami menyarankan menghadiahkan mainan yang mengeluarkan bebunyian serta yang bisa di gantungkan pada box bayi, untuk mengpotimalkan respon si nayi terhadap gerakan-gerakan serta bebunyian.

Arjarkan sosialisai dan kemandirian sejak dini

  • Kasih sayang dan rasa aman
Peluk dan belai si bayi. Ajak berbicara dengan penuh lembut dan halus. Sertakan si bayi dalam di setiap kegiatan sang ibu. Karena dengan melitbatkan si bayi dalam kegiatan sang ibu, itu bearti secara tidak langsung sibayi merasakan kasih sayang  dan rasa ter lindungi dari sang ibu. Karena di sampingnya ada sang ibu.

  • Ajarkan senyuman pada bayi
Berikan senyuman untuk si bayi dan tatap mata si bayi sesering mungkin. Balas senyuman si bayi dan buat lha suara-suara yang bikin si bayi menyenangkan dan bicaralha kepada si bayi dengan senyuman.
   

HAL PENTING DI PERKEMBANGAN BAYI 1 BULAN

Ketika bayi baru lahir ke dunia, orang tua atau dokter akan melakukan memotong tali pusat. Dan denga terpotongnya tali pusat itu meninggalkan pangkalnya yang menggantung pada pusar. Jika si bayi masih menangis terus melebihi dua sampai tiga jam dan ini berlagsung dari 3 hari dalam seminggu dengan tidak adanya alasan yang cukup jelas, kemungkinan si bayi mengalami kolik.

Kondisi ini ditandai kakinya yang naik turun. Dan biasanya waktu tangsisan bayi terjadi terjadi di waktu sore hari di sekitar jam 18.00. keuntunganya  sekitar 85 persen kolik akan hilang setelah bayi di usia 3 bulan.

Selain kolik, biasanya bayi agak sedikit rewel di waktu sore hari di karenakan bisa jadi dia kecapkan dan lelah akibat merespon banyak hal di sepanjang hari. Hal ini bisa di atasi dengan cara melakukan pijetan ringan dan lemah lembut pada si bayi dan memeluknya.

Perlu waktu untuk si bayi beradaptasi dengan dunia luar setelah 9 bulan lamanya berada di dalam rahim yang sangat nyaman. Pada dasarnya, otak si bayi berkembang sangat pesat dan setiap berinteraksi kemampuan si bayi akan terus berkembang dan berfikir dengan cepat untuk belajar dan mengingat kejadianya disaat itu.

Orang tua dapat merangsang jiwa sosial sejak perkembangan bayi 1 bulan, dengan mengajak ngobrol dengan jarak yang dekat sambil memandangi matanya untuk melatih fokus si bayi.

Baca juga : 

  1. Tahap kembang bayi 2 bulan
  2. Perkembangan bayi 3 bulan perlu di perhatikan
  3. Proses perkembangan bayi 4 bulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HAL PENTING DI PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN

PANDUAN LENGKAP DI PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN  PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN PERTUMBUHAN FISIK BAYI 9 BULAN Si bayi sudah memiliki k...