PERKEMBANGAN BAYI 6 BULAN YANG SEHAT DAN BAIK


PANDUAN LENGKAP PERKEMBANGAN BAYI 6 BULAN

PERKEMBANGAN BAYI 6 BULAN YANG SEHAT DAN BAIK
PERKEMBANGAN BAYI 6 BULAN
Tak disadari kini si kecil sudah berumur 6 bulan, yang dimana di umur 6 bulan ini si kecil akan banyak terjadi perkembangan yang akan terjadi. Si kecil dapat tumbuh dan kembang dengan baik, akan tetapi tergantung sang ibu bagaimana cara merawatnya.

Perkembangan bayi 6 bulan yang terjadi pada si bayi tentu akan membuat orang tua bahagia dan merawa senang. Disetiap moment perkebangan yang terjadi pada si kecil sangat berharga untuk di pahami oleh setiap orang tua. Ibu haru tau bagaiamana pengetahuan yang luas terutama pada perkembangan bayi 6 bulan.

Sang ibu sebagai orang tua harus tau tentang perkembangan bayi 6 bulan, kini si kecil sudah berumur 6 bulan dan pastinya semakin pandai dalam beberapa hal. Tentu si ibu harus lebih ekstra untuk pengawasan agar keselematan si kecil terjaga.

Di usia 6 bulan si kecil juga kini penglihatannya akan semakin baik yang dimana si bayi dapat mengidentifikasi orang-orangng sekitar

Dibawah ini ada beberapa perkembangan bayi 6 bulan menurut ahlinya.:

Berat badan dan tinggi badan akan berubah

Berat si kecil di usia 6 bulan ini akan bertamabh 2 kali lipat jika di bandingkan dengan saat pertama kali si kecil di lahirkan di bumi karena pada setiap bulannya berat si bayi bertambah sebanyak 550gram - 1.6 Kg.  Begitu pula dengan tinggi si kecil yanga akan mengalami bertamabahan 1 cm atau ½ cm disetiap bulannya.


 Tidurnya si bayi di perkembangan bayi 6 bulan

Pada perkembangan bayi 6 bulan akan tertidur selama 6 – 8 jam sekali tidur. Hal ini dikarenakan si bayi sudah mampuberguling-guling. Dan pada usia 6 bulan resiko terkena syndrome kemantian mendadak pada si bayi juga akan menurun, akan tetapi si ibu tetap perlu waspdaterhadap hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan syndrome itu dan langkah-langkahnya.

Makanan pendamping ASI mulai diberikan untuk si Bayi

Pada kebanyakan bayi diluar sana pada umur 6 bulan si bayi sudah siap menerima makanan padat dan sang ibu boleh memberikanya makan itu, dimulai memberikanya dengan bubur, susu, buah-buahan yang dapt di cerna oleh si bayi. Kemudian perkenalakna berbagai buah dan sayur dengan selang waktu sekitar 4 atau 3 kali untuk mengetahui apakah si bayi alergi seperti diare, ruam, muntah.

Ketika si bayi tidak menyukai makanan baru yang anda berikan, tunggu beberapa hari untuk ibu memberikan lagi karena selera makan bayi dapat berubah sewaktu-waktu. Ibu juga harus menghindari untuk memberikan makanan-makanan padat seperti kacang-kacangan terlebih dahulu. Madu dapat ibu berikan setelah si bayi menginjak usia 1 tahun.

Komunikasi bayi di perkembangan bayi 6 bulan

Perkembangan bayi 6 bulan sudah bisa tersenyum dan tertawa dan berceloteh. Di umur 6 bulan ini juga si bayi sudah dapat berbicara sesuatu untuk mengatakan papa mama. Untuk mendukung berkembangan komunikasi si bayi si ibu harus membalas celotehan si bayi agar si bayi membalas pula celotehan sang ibu, itu bisa membantu sang bayi terbiasa dengan komunikasi tersebut.

Seiring bertambah usia si bayi juga kini bisa mengenali orang dan mengetahui benda yang disekitar dan mungkin saja si bayi akan merasa tidak nyaman saat sedang berada di dekat orang asing untuk pertama kalinya.

Bayi dapat duduk di fase perkembangan bayi 6 bulan

Di umur 6 bulan si bayi sudah bisa mulai mduduk dengan usahanya sendiri. Dan saat ini juga si bayi sudah bisa menoleh ke arah kanan atau kiri untuk mencari sumber suara yang di dengar. Ibu ketika mengajaknya ia ngobrol maka si kecil sudah mulai bisa menjawab dengan gumaman.

Tangan dan jari jemari mulai bekerja secara optimal

Di usia 6 bulan si bayi akan belajar bagaimana memfungsikan jari jemarinya. Setelah mengetahui jika tanganya telah sanggup di gunakan untuk memukul atau hal lainya. Kini si bayi akan belajar bagaimana cara menggunakan jari jemari satu persatu atau bersamaan untuk mengambil objek yg lebih kecil dari tanganya.

Berguling kesana kemari di perkembangan usia 6 bulan

Si  bayi di umur 6 bulan ini akan sangat sering sekali untuk berguling kesana kemari terutama pada saat posisi terlentang. Si ibu dapat melatihnya dengan cara menyimpan mainan yang menarik perhatian di samping sang bayi. Setelah ibu mengetahui jika bayi sudah bisa berguling-guling dengan sendirinya, maka ibu jangan sampai membiarkan si bayi untuk berguling-guling sendirian, ibu harus menemani agar keamanan bayi tetap terjaga.

Di perkembangan bayi 6 bulan mulai belajar merangkak.

Usia 6 bulan bagi si bayi akan waktu dimana ia akan belajar merangkak maju mundur secara perlahan demi mendapatkan maianan atau benda yang sekiranya itu menarik baginya. Ibu dapat membantu untuk fase belajar merangkak ini dengan cara menyiapkan maianan yang menarik perhatian si bayi di hadapannya.

Merangkak merupakan salah satu fase yang harus sibayi lewati sebelum fase berjalan dan dimana fase ini ia akan berlatih memperkuat otot-otot tangan dan kakinya untuk memasuki fase selanjutnya yaitu berjalan.

Merangkak juga merupakan cara si bayi untuk mengenali lingkungan di sekitarnya
Disamping itu, si ibu harus juga menjaga keberihan mainan si bayi yang akan ibu berikan pada si bayi untuk menjaga kesehatanya. Sang ibu juga dapat membacakan sebuah dongeng seblum tidur untuk merangsang si bayi dalam berkomunikasi dan mempererat hubungan batin ibu dan anak.

Tips mendukung si bayi di perkembangan bayi 6 bulan

Ibu juga sangat perlu mengetahui beberapa tips untuk mendukung tumbuh perkembangan bayi 6 bulan:
  • Untuk membantu tumbuh perkembangan bayi 6 bulan dalam kemampuan motoriknya si ibu dapat meletakkan maianan yang berada cukup jauh dari si bayi dan biarkan saja si bayi untuk mengambil maianan tersebut dengan sendirinya. Si bayi akan berusaha keras untuk mengambilnya dengan merangkak. Terpenting ibu selalu memantau si bayi agar tetap dalam kondisi aman.
  • Ibu dapat memberikan pengajaran tentang konsep keberadaan objek-objek, meskipun tidak terlihat dengan cara mengajak bermain ciluk baa di sela-sela waktu
  • Jauhkan maianan yang dapat membahayakan seperti maianan yang keras dan ujung maianan itu lancip dan runcing karena hal ini akan membuatnya terluka. Dan jangan berikanan maianan yang kecil, dapat beresiko tersedak si bayi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HAL PENTING DI PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN

PANDUAN LENGKAP DI PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN  PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN PERTUMBUHAN FISIK BAYI 9 BULAN Si bayi sudah memiliki k...