PERKEMBANGAN BAYI 3 BULAN PERULU DIPERHATIKAN

BAYI 3 BULAN: AMATI DAN PERHATIKAN


Perkembangan bayi 3 bulan
PERKEMBANGAN BAYI 3 BULAN

Di usia 3 bulan ini, si kecil sudah sangat sering tersenyum dan menirukan bentuk-bentuk ekspresi wahaj ibu. Dan si kecil juga sudah mulai belajar meraih dan interaksi dengan orang di sekitarnya.

Perkembangan si kecil akan semakin tumbuh besar di bulan ketiga. Kami akan menjelaskan kepad ibu tentantang perkembangan bayi pada usia ke 3 bulan ini.

Perkembangan bayi 3 bulan – Tumbuh kembang fisik


Kekuatan tubuh si kecil bagian atas

Di usia 3 bulan ini, si kecil anda sudah mampu untuk mengangkat kepalanya. Dan kekuatan terletak pada bagian otot leher, sehingga bisa tengkurap dan juga bisa menahan berat kepala, dada dengan kekuatan kedua tanganya.

Kekuatan tubuh si kecil bagian bawah

Ketika si kecil tengkurap akan melihat jika ia bisa mengerak-gerakan kakinya dan memandangnya. Dikarekana si kecil sudah cukup memiliki kekuatan lebih pada tubuh bagian bawah.

Koordinasi tangan dan mata

Di perkembangan bayi 3 bulan ini sudah banyak hal yang bisa dikerjakan diantaranya si kecil sudah bisa mengempalkan tanganya dan membuka tanganya. Bahkan bisa menyatukan kedua tangan. Sikecil juga sudah bisa melakukan membawa maianan yang berwarna cerah ke depan wajahnya dalam hal usahanya untuk mempelajari gerakan tanganya sendiri.

Tangan si kecil mengarah ke mulutnya

Dengan sudah bisanya megenggam mainan dan mengepalkan tanganya, ini akan membuat si kecil akan menemukan mainan baru yaitu memasukan tangan atau maiananya ke dalam mulutnya.

Di sini lha sang ibu bertindak dan mengawasi si kecil, mengawasi apa yang akan masuk ke dalam mulut si kecil. Jadi tetap waspada ketika si kecil sedang bermain di area mulutnya.
Baca juga artikel Tahapan perkembangan bayi 2 bulan

Perkembangan bayi 3 bulan – Motorik si kecil


Sentuhan


Di usia 3 bulan,  si kecil sudah bisa memahami aoa yang ada di sekitarnya. Si kecil mulai tertarik pada untuk menyentuh berbagai hal hanya unuk mengetahui perbedaan dan bentuk benda yang disentuh nya.

Pendengaran


Di fase perkembangan bayi 3 bulan ini si kecil sudah sangat menyukai suara-suara orang yang disekitarnya dan si kecil juga mulai menunjukan tanda-tanda menyukai musik yang sering diputar oleh orang tuanya.
Baca juga artikel Proses perkembangan bayi 4 bulan

Pengelihatan


Di saat sang ibu mulai menatap mata si kecil, si kecil akan menatap lurus ke arah mata sang ibu. Dan si kecil juga sudah mulai suka melihat dirinya dalam cerim untuk melihat refleksi betuk dirinya sendiri.


Perkembangan bayi 3 bulan – Kemampuan berbicara



Komunikasi

Di usia 3 bulan, menangis bukan salah satu cara berkomunikasi dengan si kecil. Si kecil akan mulai berkomunikasi dengan celotehannya atau suara-suara khas nya.

Ucapan Bayi

Semakin sering orangtua mengajak ngobrol si kecil, semakin mudah pula si kecil menyusun suku kata dan menghafala suara yang akan ia ucapkan. Bahkan si kecil memberikan isyarat untuk mencoba berkomunikasi dengan orang disekitarnya


Tips menghadapi untuk perkembangan bayi 3 bulan


Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa berguna untuk menghadapi masalah yang mungkin saja terjadi pada pada fase perkembangan bayi 3 bulan.


Lonjakan pertumbuhan


Sering kita sadari bahwa si kecil sekarang terlihat tinggi dan kurus, tenang saja ini bukan gizi buruk. Ini disebabkan oleh tubuh bayi mengalami masa lonjokan pertumbuhan yang dimana tulang dan otot nya di lengan kakinya mulai merenggang.


Tidur sepanjang malam


Meskipun dari kebanyakan si kecil tidur malam dan ketika mereka ber usia 3 bulan tidak semua melakukan hal yang sama mungkin si kecil anda belum mencapai pola tidur seperti ini.


Akan tetapi, hal seperti ini bisa saja tidak mempan pada si kecil anda, bahkan bisa saja berlawanan dengan keyakinan pola asuh kita sebagai orang tua. Jadi ikuti saja insting orangtua sebagai pendamping terdekat si kecil dan lakukan apapun dengan rasa benar.

Jangan berikan makanan padat dahulu

Penelitian telah menunjukan bahwa jika orangtua mengenalkan makanan padat pada si kecil di usia 3 bulan itu sangat berbahaya untuk si kecil. Karena sistem pencernaan si kecil belum sempurna terbentuk dan belum matang sehingga si kecil belum bisa memproses makanan padat di dalam organ tubuhnya.

Memberikan makanan padat sedini mungkin pada si kecil bisa menimbulkan obesitas, dan bisa menimbulkan reaksi alergi. Masalahnya pencernaan hingga 
yang bisa berakibat fatal.

Baca juga: Perkembangan bayi 6 bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HAL PENTING DI PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN

PANDUAN LENGKAP DI PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN  PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN PERTUMBUHAN FISIK BAYI 9 BULAN Si bayi sudah memiliki k...