PROSES PERKEMBANGAN BAYI 4 BULAN

PERKEMBANGAN BAYI 4 BULAN - PANDUAN LENGKAP

Perkembangan bayi 4 bulan
Perkembangan bayi 4 bulan

Dikala si bayi berumur 3 bulan dimana saat si bayi mulai melakukan hal-hal yang mudah dan tidak terlalu bikin pusing orangtua. Ritme sibayisudah mulai berkembang begitu pesat. Si bayi sudah dapat bangun sendiri dan berinteraksi dengan orang sekitarnya. Dan di kala tidurnya si bayi, orangtua bisa sudah mulai bisa menebak. Akan tetapi sepertinya sang ibu malah tampak kacau karena periode perkembangan bayi 4 bulan dan hal ini nadalah hal yang menantang bagi orangtua.

Pola seperti ini dapat diketahui dari perubahan waktu tidurnya, makan dan perilaku si bayi. Sebagian besar orangtua melihat perbedaan ini dalam perilaku si bayi di umur 4-5 bulan. Ada beberapa cara yang kami akan beritahu untuk sang ibu bisa lakukan apa dan melewatinya.


PERKEMBANGAN BAYI 4 BULAN


Pertumbuhan bayi di usia 4 bulan biasanya akan bertambah dua kali lipat dari berat badan saat lahir. Jika si ibu merasa khawatir terhadap si bayi karena tidak mendapatkan asupan gizi yang baik atau berat badan takk sesuai semestinya. Segerakan konsultasikan ke dokter terdekat.

Baca artikel juga: 

  1. Masa transisi perkembangan bayi 5 bulan
  2. Bayi 3 bulan: AMATI DAN PERHATIKAN

TERGANGGUNYA SI BAYI SAAT MAKAN


Di usia 4 bulan ini, si bayi makan menghabiskan durasi 45 menit atau lebih dan hal ini akan menjadi hal yang sering ditemui bahkan terkadang si bayi mengalami gagal fokus saat makan. Hal ini hal yang wajar dan normal. Orangtua tak perlu panik.

Si bayi sudah tidak bisa menyaring stimulasi dan pemandangan yang ada di hadapanya bisa merubah fokusnya dari fokus yang lama. Di fase ini lha si bayi mulai mempraktekan hal baru, yaitu menggerakan kepalanya untuk mencari dan menemukan suara atau melancak benda secara visual.

Contohnya adalah, ketika si bayi mulai memuntahkan atau menjauhi payudara dan ini adalah gangguan pada bayi di perkembangan bayi 4 bulan. Kini si bayi sudah mulai engan diberi makanan di waktu siang hari walapun ini terjadi jarang.

Untuk saat ini, kurangi gangguan saat menyusui akan sedikit membantu. Matikan TV, pasangkan perangkat mobile lalu beri si bayi beberapa maianan. Minimalkan perucuapan dan pergunakan suara rendah dan lembut pada si bayi. Jika si bayi sedang berada diluar rumah, carilah tempat perawatan bayi yang tenang di pusat perbelanjaan, tempat duduk ditaman dan tempat yang sekiranya itu bisa membuatnya tenang. 

Mudahnya frustasi pada si bayi


Jika sebelum hal ini ia menikmati waktu bermain-main, dan akhirnya fase ini sudah berakhir. Si bayi menjadi frustasi saat ia tidak berhasil melakukan sesuatu. Si bayi ingin berdiri sepanjang waktu dan tidak ingin duduk berlama-lama. Dan juga posisi lain telah terungkap, telentang atau berguling berkahir di posisi salah.

Komunikasi Perkembangan bayi 4 Bulan


Di umur 4 bulan, bayi sudah menyadari akan reaksi orang terdekatnya terhadap suatu tindakan. Jika si bayi menangis, anda menghampirinya. Ketika ia menjatuhkan sesuatu, anda memungutnya. Bahkan dengan tidak sengaja menjatuhkan objek yang sama berulang kali untuk melihat anda mengambilnya dan memungutnya.

Di usia ini juga si bayi belajar untuk berkomunikasi secara efektif. Mereka berekspresi melalui degukan, celotehan seperti ooh dan aah.dan juga tertawa. Si bayi juga bisa mengeskspresikan beragam emosinya.

Ini adalah perkembagan bayi minggu ke minggu di usia 4 bulan:
  • Minggu ke 14: Memahami sebab dan akibat
  • Minggu ke 15: Mulai bisa mengingat
  • Minggu ke 16: Pengelihatan semakin baik
  • Minggu ke 17: Memperhatikan pola


Tips perwatan bayi pada perkembangan bayi 4 bulan

  • Berikan sesuatu pada si bayi berbagai cerita dengan pola berbeda
  • Luangkan waktu beberapa menit di tiap hari untuk membaca dan bernyayi bagi si bayi.
  • Mengecapkan bibir merupakan salah satu bentuk untuk mengksplorasi dunianya saat ini, karena apapunyang berhasil di pungutnya akan dimasukan ke dalam mulutnya. Hindari meletakan benda-benda kecil yang bisa menyebabkan hal yang tak di inginkan
  • Perkembangan bayi 4 bulan belum masuk tahap merangkap dan bahkan belum bisa berguling.
  • Perawatan di usia 4 bulan ini termasuk menemani bayi bermain. Ceritakan apa yang sedang anda kerjakan.
  • Sentuh bayi anda. Selain mempererat ikatan batin, sentuhan juga bisa membantu perkembangan otak. Mengemong bayi atau mengelus kepalanya sampai ia tertidur untuk meningkatkan pelepasan hormon yang berguna untuk perkembangan bayi 4 bulan.
  • Memijat bayi adalah bagian dari perkembangan bayi 4 bulan. Luangkan waktu beberapa saat untuk memijatnya untuk mendukung perkembangan si bayi.

   Perlu di perhatikan di perkembangan bayi 4 bulan

Bayi 4 bulan sudah lebih besar di bandingkan sebelumnya, sehingga frekuensinya untuk menyusui akan lebih berkurang. Sekali menyusui, dia akan memenuhi perutnya hingga kenyang. Untuk mencukupi kebutuhan si bayi secara alami, nutrisi dalam ASI anda juga akan berubah menjadi lebih banyak lemak dan mineral.

Sebagai orang tua sudah mulai memberikan makanan padat. Akan tetapi sebaiknya bayi tetap mendapatkan ASI ekslusif selama 6 bulan pertamadalam hidupnya. Memberikan makanan pendamping ASI terlalu dini membuat resiko alergi menjadi lebih dan bayi anda tidak mendapatkan manfaat optimal dari gizi ASI.

Selain itu pula, pada usia ini perhatian akan lebih sering terpecah oleh hal hal di sekitarnya. Seperti hal suara sekitarnya, bunyi TV, dll. Untuk meminimalisasi hal tersebut ada baiknya untuk menyusui nya.

Konsultasi kepada dokter di perkembangan bayi 4 bulan

Tumbuh kembang bayi 4 bulan ini bersifat unik dan tak bisa disamakan.hal ini dapat menjadikan panduan untuk manjadi si bayi lebih baik. Namun tidak menjadi keharusan kemampuan yang dimiliki tiap bayi pada usia 4 bulan ini.

Meski dengan demikian jika ada hal yang di khawatirkan dari perkembangannya, sebaiknya periksakan si bayi ke dokter, terutama jika si bayi mengalami:

·   Bayi 4 bulan tidak tersenyum ketika melihat orang yg disekitarnya atau sesuatu hal yang menarik perhatian
  • Kepalanya tidak dapat tegak dengan sendirinya.
  • Tidak mampunya memperhatikan pergerakan benda.
  • Tidak lha si bayi memasukan benda ke dalam mulutnya.
  • Kaki si bayi tidak menjejak ke permukaan lantai jika diposisikan berdiri.
  • Belum juga bercelotehnya si bayi atau belum mengeluarkan suara apa pun.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HAL PENTING DI PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN

PANDUAN LENGKAP DI PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN  PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN PERTUMBUHAN FISIK BAYI 9 BULAN Si bayi sudah memiliki k...