PERKEMBANGAN BAYI 7 BULAN

FASE BERKEMBANGANYA BAYI DI 7 BULAN


PERKEMBANGAN BAYI 7 BULAN
PERKEMBANGAN BAYI 7 BULAN


Si bayi saat ini sudah memasuki usia 7 bulan. Dimana di usia 7 bulan ini si bayi semakin pandai di berbagai hal. Dengan kemampuannya yang meningkat dan fase pertumbuhannya semakin lambat dikarenakan makin banyak energi yang dikeluarkan.

Pertumbuhan fisik di perkembangan bayi 7 bulan, berat badan akan bertambah kurang lebih 15 gram di setiap harinya, panjang badan 1.5cm/bulan dan lingkar kepala sekitar 0.6cm/bulan. Kemudian bagaimana dengan perkembangan bayi 7 bulan dari segala seginya? Berikut informasi penting untuk ibu yang harus diketahui:

DUDUK DENGAN SENDIRINYA

Di usia 7 bulan , si bayi sudah dapat duduk dengan sendirinya dalam waktu yang cukup lama. Dan si bayi sudah tidak memerlukan sandaran untuk di punggungnya. Akan tetapi ibu sebaiknya harus tetap menjaga dan mengawasi agar si bayi tidak terjatuh.

Si bayi juga sudah memasuki MPASI di fase perkembangan bayi 7 bulan, jadi biasakan si bayi untuk makan-makanan dengan duduk. Ibu juga bisa memberukan mainan agar si bayi mau duduk dan bersemangat untuk santap makan.

MENGAMBIL BENDA

Bayi ibu kini sudah mulai sangat tertarik untuk belajar mengambil benda yang ada di sekitarnya. Jika ibu meletakan benda/mainan di hadapannya, si bayi akan merayap untuk mengambilnya. 

Ibu harus waspada dan hati-hati ketika meletakan benda yang berbahaya di sekelilingnya. Sebaiknya si bayi diletakan ditempat yang rendah atau memberikan batas-batas di tepi kasur untuk menghindari hal yang tak di inginkan.

MENGGENGGAM DAN MEMASUKAN MAKANAN KE MULUT

Di perkembangan bayi 7 bulan selanjutnya yaitu kemampuan si bayi mampu menggenggam dan memasukan makanan ke dalam mulut.

Kemampuan pergerakan semakin baik sehingga si bayi dapat mengkoordinaksikan jari-jari untuk memegang makanan dan memasukkannya ke mulut untuk dimakan. Ibu juga bisa memberi makanan yang diletakan di piring agar si bayi belajar untuk makan sendiri.

KEMAMPUAN TANGAN SEMAKIN TRAMPIL

Tangan menjadi salah satu hal penting di perkembangan bayi 7 bulan yang perlu di perhatikan. Selain belajar menggenggam, si bayi juga belajar mengoper benda/mainan dari tangan kanan ke tanagan kirinya. Kemudian si bayi menjatuhkan dan mencoba mengambilnya beberapa kali.

Si bayi suka dengan bertepuk tangan dan menggapnya bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan, sehingga si bayi akan sering mengulanginya. Bayi juga mulai belajar memegang sendok, gelas dengan sendirinya dan yang biasa ibu berikan saat waktu makanan tiba.

MENGENAL WAJAH ORANG LAIN

Perkembangan bayi 7 bulan si bayi sudah mampu mengenali wajah orang, terutama wajah ibu dan orang-orang yang sering diketemuinya. Si bayi juga sangat cenderung takut saat bertemu dengan orang asing.  Saat si bayi dapat memperlihatkan rasa tidak nyamanya dan takut berpisah dengan sang ibu.

Ketika sang ibu bekerja. Tanamkan pada si bayi bahwa ibu hanya pergi sebentar untuk bekerja dan segera kembali untuk bertemu dengannya. Sang ibu dapat memberikan ciuman atau pelukan yang dapat menenangkannya hingga ibu kembali.

Di sela kesibukan ibu dikantor, alangkah baiknya jika ibu menyempatkan untuk melakukan telpon atau video call sejenak. Suara sang ibu dapat membuat  si bayi merasakan di perhatikan dan dikasihi. Meskipun ibu sedang bekerja dan tidak di dekatnya.

KEMAMPUAN BERBAHASA SI BAYI

Kemampuan berbahasa si bayi mulai menunjukan  kualitasnya di perkembangan bayi 7 bulan. Si bayi akan sering mengeluarkan suara-suara seperti, “ma-ma-ma”, “pa-pa-pa” dan hal2 yang ucapan yang sederhana. Si bayi juga sudah mulai merespon saat ibu melarangnya denga kata-kata “tidak boleh” dikarenakan intonasi suara yang tegas.

Respon yang si bayi tunjukan biasanya dengan menangis, namun si bayi akan tertawa dan menjerit saat ia merasa senang. Bayi bahkan memulai menolehkan kepalnya apabila ibu memanggilnya, melambaikan tangan dan melakukan cium jauh.

WAKTU TIDUR DI PERKEMBANGAN BAYI 7 BULAN

Si bayi akan banyak beraktifitas pada siang hari maka mereka akan merasa letih dan lelah pada malamnya. Si bayi juga akan banyak tidur di malam hari dan terkadang hanya bangun beberapa kali saja, itu pun hanya minta susu.

Bayi juga sudah bisa merasakan takut pada malam hari. Sang ibu bisa meninggalkan si bayi tidur sendirian di Box dan bayi pun sudah memahami hal ini.

Jika si bayi merangkak atau berguling-guling, maka si bayi akan melakukan hal ini setelah bangun tidur dan tidak menangis sama sekali. Oleh karena itu usahakan beri perlindungan pada si bayi pada tempat tidurnya dengan bantal dan guling.

EMOSIONAL DAN SOSIAL DI PERKEMBANGAN BAYI 7 BULAN

Kecemasan terbesar pada orangtua terutama ibu pada saat bayi berusia 7 bulan itu adalah berpisahnya antara bayi dan orangtuanya. Si bayi akan menangis dan menempel pada orangtua dan berusahan untuk mencegahnya pergi.

Si bayi juga menampilkan nwajah yang sangat cemas pada malam hari ketika tidak menemukan ibu, tapi hal ini hanya berlaku tak lama.

Si bayi sudah memiliki ekspresi sendiri karena di usia sebelumnya si bayi belajar ekspresi dari sang ibu dan orang di sekitarnya. Ketika si bayi merasa senang atau sedih si bayi mulai menunjukan bentuk ekspresi wajahnya.

TIPS PERWATAN PERKEMBANGAN BAYI 7 BULAN

  • Bayi akan mulai suka melihat bendaatau objek tertentu dari jarak dekat. Si bayi juga suka memasukan mainan ke mulutnya dan menjatuhkan berbagai mainan. Sang ibu pastikan menyediakan mainan yang tepat dan aman sehingga tidak membuat si bayi terluka
  • Si bayi suka dengan jari jemarinya dan mulai sering memasukan jari-jari ke mulutnya. Oleh karena itu si ibu pastikan jika tangan si bayi dalam kondisi bersih dan bebas kuman
  • Bayi sudah bisa mulai duduk sendiri dan terkadang berbagai jenis benda/mainan di deketinya. Untuk menjaga keamanan si bayi, sang ibu harus memastikan sumber listrik di titik-titik yang berbahaya untuk si bayi.
  • Bayi ibu sudah mulai menirukan apa yang dilakukan orang disekitarnya dengan cara memperhatikan orang-orang tersebut. Bahkan ketika orangtua melakukan beberapa pekerjaan karena itu pastikan jika orangtua tidak melakukan hal yang bisa menyebabkan anak berada dalam bahaya.
  • Orangtua mulai mencoba kenalkan suara-suara dari berbagai jenis untuk memancing memori si bayi dan kenangan si bayi. Di usia 7 bulan ini bayi akan menjadi lebih peka terhadap suara sehingga kemampuan anak akan menjadi lebih baik.
  • Berikan rangsangan untuk si bayi agar lebih banyak bergerak jika bayi mulai melambat. Ajak bermain si bayi seperti melempar bola di lantai akan membuat si bayi mengambil bola tersebut. Cara ini adalah salah satu bentuk rangsangan. Banyak cara yang bisa ibu lakukan untuk membantu bayi beraktifitas dan fisiknya menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HAL PENTING DI PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN

PANDUAN LENGKAP DI PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN  PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN PERTUMBUHAN FISIK BAYI 9 BULAN Si bayi sudah memiliki k...