TAHAPAN PERKEMBANGAN BAYI 2 BULAN


HAL YANG HARUS DI KETAHUI OLEH SANG IBU

Perkembangan bayi 2 bulan
PERKEMBANGAN BAYI 2 BULAN
Si kecil kini memasuki usia 2bulan. Di umur 2 bulan ini masa-masa si kecil menggemaskan dan juga banyak pula perubahan terjadi pada si kecil anda. Sebagai orang terdekatnya, anda wajib mengetahui apa saja yang terjadi di perkembangan bayi 2 bulan ini.
Ikuti terus informasi berkaitan perkembangan bayi ini untuk menghetahui indikator perkembangan bayi 2 bulan.

Perkembangan bayi 2 bulan yang tumbuh secara normal

Banyak hal yang akan terjadi di perkembangan bayi 2 bulan. Perubahan tersebut meliputi tanda-tanda perkembangan bayi 2 bulan. Orang tua wajib memahami hal ini untuk memastikan tumbuh kembang si kecil berjalan secara normal.

Beberapa faktor ini adalah sebuah indikator dan milestone pada perkembangan bayi 2 bulan yang tumbuh secara normal:


1.  Berat badan 


Tahapan perkembangan bayi 2 bulan ini terlihat dari berat badan si kecil. Berat badan si kecil ketika baru lahir memiliki kisaran 2.5KG – 3.5KG. Pada dasarnya, si kecil diberikan ASI secara eksklusif akan terjadi penambahan berat badan, dan kejadian ini bisa dikatakan normal.


Akan tetapi, ketika si kecil kurang mendapatkan ASI secara eksklusif maka akan terjadi peningkatan berat badan secara lambat dan masih belum secara optimal untuk memecahkan zat gizi makro yang terdapat pada susu formula.


Anda bisa mengukur berat badan bayi tetap pada kondisi normal pada masa 2 bulan. Berat badan bayi di usia 2 bulan berat badan si kecil kisaran normal di angka 4.7 KG. Kisan yang disebutkan diatas itu adalah kisaran secara umum.

2. Pola menyusuinya


Perkembangan bayi 2 bulan terlihat pada pola kebiasaan menyusuinya. Tangisan si kecil adalah merupakan tanda salah satu jika sang bayi tersebut sedang lapar. Di umur 2 bulan ini si kecil biasanya menyusui sekitar 2-4 jam sekali.

Jika sang ibu memberikan ASI secara rutin maka sang ibu bisa merasakan isapan si kecil semakin kuat dn kencang dan ini akan membuat ASI cepat terkuras. Jika si kecil diberikan susu formula dan terlihat juga bagaimana si kecil mengalami peningkatan konsumsi susu formula itu sendiri.

3. Panjang badan si kecil


Panjang badan si kecil yang baru lahir kisaran angka 45cm – 50cm. Dan pada perkembangan bayi 2 bulan, panjang badan si kecil normal kisaran antara 51cm – 58cm. Akan tetapi bisa saja bayi 2 bulan lebih memiliki panjang badan secara normal meskipun kurang atau lebih tinggi dari yang disebutkan di atas.

Hal ini terjadi karena ada faktor genetik dari sang ibu atau sang ayah yang bertindak sebagai orang tua si kecil. Jika sang ibu dan ayah memlliki genetik tinggi, maka si kecil akan cenderung memiliki badan lebih tinggi dari kisaran normal.

Dan ini berlaku sebaliknya, jika sang ibu dan ayah memiliki yang rendah maka si kecil cenderung lebih rendah panjangnya dari pada kisaran secara normal.  Hal ini bisa mempengaruhi panjang badannya saat usia 2 bulan.

4. Lingkar kepala di perkembangan bayi 2 bulan


Secara normal dan umumnya, kepala si kecil memiliki ukuran kepala kisaran di 34 – 35 cm. Perkembangan bayi 2 bulan, jika kelak si kecil ber usia 6 bulan makan ukuran lingkar kepala si kecil mencapai 44cm.

5. Perihal si kecil dalam buang air besar

Perkembangan bayi 2 bulan ini menunjukan bahwa si kecil semakin kuat untuk mengkonsumsi ASI, ini akan berdampak pada seringnya si kecil untuk buang air besar. Di fase ini si kecil yang di berikan ASI secara rutin akan buang air besar bisa mencapai 2-3 kali dalam sehari.

Tapi jika si kecil diberikan susu formula maka buang air besarnya bisa sekiatar 1-2 kali sehari. Dan warna tinja pada bayi di usia 2 bulann ini biasanya berwarna kuning cerah. Jika berwarna lain, maka biasanya terjadi gejala terjadi masalah pada si kecil.

Jika warna berbeda dengan yang kami sebutkan di atas maka orang tua harus segera membawa di kecil menuju dokter untuk segera di atasi supaya tidak muncul lagi hal yang tak di inginkan pada si kecil. Tetap waspada jika warna tinja berbeda pada umumnya.

6. Perilaku di masa perkembangan bayi 2 bulan

Pada perkembangan bayi 2 bulan berprilaku mudah untuk di pahami dan dikenali. Di usia 2 bulan ini, si kecil sudah bisa melakukan hal-hal sederhana dan di antaranya si kecil sudah bisa memperhatikan objek sekitar yang berada di dekatnya. Dan kemampuan mendengar juga meningkat di usia 2 bulan ini. 

Di usia 2 bulan ini, si kecil sudah mulai bisa mendengarkan suara dari sumber2 terdekatnya. Dan si kecil juga sudah bisa mengenali wajah orang-orang. Ini sebabnya jika si kecil di gendong oleh orang asing menangis.

Si Kecil sudah mulai bisa tersunyum jika mendengarkan suara dan suasana bahagia. Anda jangan heran jika si kecil sudah bisa melakukan teething walapun belum mempunyai gigi. Dan suara yang imut mulai mengoceh dengan bahasa bayi seperti aaa, uu, ee dan hal lainya.

Ini adalah tanda jika si kecil sudah mulai menunjukan kemampuan komunikasi yang baik. Si kecil pada perkembangan bayi 2 bulan pun ingin rasanya melakukan komunikasi dengan orang-orang yang ada disekitar. 

Baca juga artikel : Tumbuh perkembangan bayi 1 bulan

7. Mainan bayi di perkembangan bayi 2 bulan yang mendukung untuk tumbuh kembang

Pada perkembangan bayi 2 bulan ini terjadi secara alami akan tetapi hal ini akan baik si kecil akan diberikan sebuah maianan yang bisa sangat mendukung tumbuh kembangnya si kecil. Banyak mainan yang bisa ibu dan ayah berikan di fase perkembangan bayi 2 bulan.
Ini beberapa maianan untuk si kecil di usia 2 bulan yang baik untuknya:
  • Maianan yang mengandung unsur suara
  • Buku bergambar menarik
  • Boneka atau mainan yang berbahan lembut
  • Maianan yang digantungkan
  • Bola-bola besar atau kecil yang aman bagi si kecil
  • Dan lain sebagainya

8. Kapan rasa khawatir terhadap perkembangan bayi 2 bulan


Setiap bayi memliki kampuan dan tahapan yang berbeda dengan yang lain. Tidak bisa disamakan dan berbeda itu hal yang wajar. Akan tetapi ada beberapa hal yang penting harus diketahui orang tua dan ini sebagai catatan orang tua, hal ini menjadi tanda jika tumbuh tahapan kembang si bayi yang tidak berjalan pada semestinya.
  • Bayi tidak merespon suara-suara keras (suara anjing, klakson, pintu di banting)
  • Tidak mengikuti gerakan di sekelilingnya dengan mata.
  • Tidak tersenyum saat si kecil di ajak bicara/bercanda, bahkan ibu dan ayahnya sendiri.
  • Si kecilt idak memainkan tanganya di sekitar area mulut.
  • Si kecil tidak mampu mengangkat kepalanya di saat si kecil pada posisi tengkurap


Jika itu terjadi pada si kecil anda, maka aanda harus segera hubungi dokter untuk berkonsultasi mengenai hal  perkembangan bayi 2 bulan.

Orang tua tetap memberikan stimulasi secara berkala dengan cara mengajaknya bermain, menyanyi membacakan cerita dan memutarkan musik untuk si kecil. Setelah orang tua lakukan itu semua, maka lihat lha reaksi si kecil.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HAL PENTING DI PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN

PANDUAN LENGKAP DI PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN  PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN PERTUMBUHAN FISIK BAYI 9 BULAN Si bayi sudah memiliki k...