MASA TRANSISI DI PERKEMBANGAN BAYI 5 BULAN

KEPANDAIAN DAN PERILAKUNYA DI PERKEMBANGAN BAYI 5 BULAN

MASA TRANSISI DI PERKEMBANGAN BAYI 5 BULAN
PERKEMBANGAN BAYI 5 BULAN 

Ketika si bayi sudah memasuki fase perkembangan bayi 5 bulan, kehati-hatian atau kewaspadaan sang ibu untuk mengawasi diharuskan semakin ekstra. Pada masa ini, sibayi sudah tidak lagi berbaring melihat langit-langit atau memandangi tangannya lagi. Si bayi sudah bisa kembali telentang dari posisi telungkupnya.

Pada usia ini, si bayi juga ingin mengetahui tentang sekitar kita. Jiwa sosial si bayi sudah mulai berkembang. Si bayi juga sudah mulai mengenali orang-orang yang sering di jumpainya. Seperti ibu, bapak, kakak, paman, tante dll.

Semua bayi di fase perkembangan 5 bulan bisa duduk? Belum tentu

Kenyataannya tidak semua bayi di umur 5 bulan bisa duduk dengan sendirinya. Secara umum perkembangan bayi 5 bulan itu berbeda-beda. Ada bayi yang sudah bisa duduk dan ada juga yang belum bisa duduk dan baru bisa berguling-guling. Apakah ini masalah?

Kemungkinan itu pasti ada. Apalagi pada umumnya fase perkembangan bayi 5 bulan sudah bisa duduk. Ada baiknya si bayi di bawa ke dokter terdekat dengan segera. Dokter akan melakukan observasi agar ditemukan penyebab jika memang ada maalah dengan si bayi.

Akan tetapi ibu tidak perlu khawatir. Yang harus ibu lakukan hanyalah membantu si bayi untuk terus berkembang. Ini lha pernana penting ibu sebagai orang tua selain ibu memberikan ASI. Sang ibu harus memberikan stimulus yang pas dan cocok untuk perkembangan bayi 5 bulan.

Perkembangan bayi 5 bulan membantu belajar duduk

Sang ibu tidak lha terburu-buru untuk mengajarkan si bayi untuk duduk. Jikalau fisik si bayi belum siap, hal yang tak kita inginkan bisa terjadi semisal keseleo. Bukanya tumbuh kembang, si bayi justru mengalamai masalah dalam kondisi fisiknya.

Ibu bisa perhatikan bagaimana posisi kepala si bayi. Apakah lehernya sudah mampu untuk mengangkat kepalanya atau tidak. Ibu bisa saja memulai dari mencoba mentengkurepkan dan beri maianan de hadapanya. Jika si bayi merespon dengan mengangkat kepalanya, maka secara fisik si bayi sudah siap belajar duduk.

Apa yang harus ibu lakukan...?

  • Stimulus cepat

Hal ini sebetulnya kurang tepat jika ibu membantu si bayi untuk belajar duduk.tidak benar juga jika ibu mendudukan si bayi secara langsung. Ini bukan cara mendidik yang baik. Seharusnya ibu mengajarkan bagaimana si bayi bisa duduk sendiri.

Lalu bagaimana caranya untuk memberikan stimulus pada si bayi...?
Pertama-tama, posisikan si bayi tengkurap. Dan selanjutnya ambil mainan yang disukai oleh sang bayi. Jika si bayi suka bola berwarna merah. Letakan tangan ibu dan biarkan si kecil melihat bola itu. Angkat bola yang di siapkan tadi, dan biarkan si bayi melihat bolanya. Ini adalah cara untuk membuat dan melatih otot leher dan otot punggungnya semakin kuat.

  • Ajarkan Keseimbangan


Ada baiknya jika ibu siapkan karpet yang lembut. Demikian, bayi ibu tidak sakit jika terjatuh. Bayi usia 5 bulan sudah bisa duduk. Akan tetapi, tidak jarang ia terjatuh dan terjatuh lagi. Untuk menghindari cidera.

selanjutnya yang harus ibu lakukan adalah mengajarkan keseimbangannya. Ini adalah level berikutnya dari perkembangan bayi 5 bulan. si bayi sudah duduk, ibu bisa taruh mainan kesayangannya di depan agak jauh dari tempat di mana ia duduk. Biarkan ia fokus melihat mainan tersebut. Dengan demikian, si bayi akan secara otomatis menyeimbangkan badannya agar tetap duduk secara tegap.

Dua hal sdiata bisa sang ibu lakukan ketika si bayi ibu sudah berusia 5 bulan. Buat sang buah hati berkembang lebih cepat dengan memberikan stimulus yang tepat.

Kemampuan mengenal bayi di fase perkembangan bayi 5 bulan

Perkembangan bayi 5 bulan juga terlihat pada kemampuannya dalam mengenali dan memahami warna yang semakin membaik. Meski belum mampu melihat dengan sempurna, tapi ia sudah bisa melihat jarak dan kedua matanya bisa fokus bersamaan. Si Kecil juga mulai bisa membedakan dua macam warna, meski masih lebih menyukai warna-warna dasar, seperti merah, biru, dan kuning.
Baca juga artikel Panduang lengkap bayi 6 bulan

Jam tidur disaat perkembangan bayi 5 bulan

Perkembangan bayi 5 bulan juga termasuk pada pola tidurnya.Usia ini si bayi sudah bisa dibiasakan memiliki jam tidur ‘teratur’ sepanjang pagi hingga siang hari. Tidak seperti setelah baru lahir yang sering tidur dan hanya bangun saat menyusui.

Kebanyakan bayi akan tidur di pagi hari dan sekali setelah makan siang. SiIbu bisa memandikannya dengan air hangat sebelum waktu tidur agar ia merasa nyaman dan tidurnya pun lebih nyenyak. Dilanjutkan dengan membuainya dalam gendongan

Tetapi, Ibu membiasakan diri untu menidurkan si bayi dalam boksnya atau tempat tidur lain sambil menepuk-nepuk bagian badannya. Sebagai bantuan, Ibu bisa memperdengarkan musik lembut atau lampu berputar. Cara ini akan mengajarkan si bayi merasa nyaman untuk bisa tidur sendiri dan tidak tergantung pada orang yang menggendongnya.

Tips penting untuk perkembangan bayi 5 bulan

  • Si ibu  tak mungkin melakukan perawatan pada si bayi seorang diri, karenanya, ibu bisa meminta bantuan Ayah dalam merawat si kecil. Hal ini juga akan membuat si kecil semakin dekat dengan sang Ayah. Kabarnya, anak yang dekat dengan ayahnya akan memiliki karakter yang lebih kuat dan berani.
  • Mungkin untuk awalnya Ayah akan terlihat bingung ketika pertama kali mengganti popok atau memandikan si bayi. Namun, Ayah juga akan terbiasa secara sendirinya. Ayah juga perlu tahu seluk beluk dan cara merawat si bayi.
  • Perhatikan apa saja yang si bayi pegang. Seiring dengan rasa ingin tahunya yang semakin berkembang, ingin mengambil semua benda di dekatnya menjadi perilaku perkembangan bayi 5  bulan yang perlu ibu perhatikan. Jauhkan benda-benda berbahaya dari jangkauannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HAL PENTING DI PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN

PANDUAN LENGKAP DI PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN  PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN PERTUMBUHAN FISIK BAYI 9 BULAN Si bayi sudah memiliki k...